Welcome to imm ft uhamka.blogspot.com

online

Jumat, 12 Juni 2009

Identitas IMM

IDENTITAS IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH


Perkembangan sejarah berikutnya adalah lahirnya deklarasi Garut 1967 yang berisikan dua point utama yaitu:

1. Menyadari perlunya peningkatan mutu ikatan sebagai pembaharu dan pengabdiannya.

2. IMM menegakkan lagi strategi dasar untuk pembinaan organisasi, kaderisasi, kosolidasi dan kristalisasi. Pada tahun 1967, IMM kembali menggelar Munas II, produk kepemimpinan Munas II yang terpenting adalah telah tesusunnya identitas IMM beserta penjelasannya. Identitas IMM tersebut adalah sebagai berikut:

  • Identitas mahasiswa Muhammadiyah adalah organisasi kader yang bergerak dalam bidang keagamaan, kemasyarakatan, dan kemahasiswaan dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.

  • Sesuai dengan gerakan Muhammadiyah, maka Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah memantapkan gerakan dakwah di tengah-tengah masyarakat khususnya dikalangan mahasiswa.

  • Setiap anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah harus mampu memadukan ilmiah dan aqidahnya.

  • Oleh karena itu, setiap anggota harus tertib ibadah, tekun dalam belajar dan mengamalkan ilmuanya untuk melaksanakan ketakwaan dan pengabdiannya kepada Allah SWT.

Begitu indah dan jelas rumusan identitas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam gerak dan perjuangannya di bidang-bidang keagamaan, kemahasiswaan dan kemasyarakatan. Untuk mencapai tujuan Muhammadiyah, IMM telah meletakkan beberapa dasar falsafah yang harus dipegang adalah:

  1. Semua amal geraknya harus diabdikan semata-mata untuk Allah SWT.
  2. Keikhlasan harus menjadi landasan gerakannya.
  3. Ridha Allah harus menjadi ghayah terakhirnya, karena tanpa ridha- Nya tidak akan pernah ada suatu hasil yang dicapai.
  4. Tenaga perbuatan (power action) sangatlah menentukan karena nasib kiat akan banyak bergantung pada usaha dan perbuatan kita sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar